Wellington Wenda Maju ke Pemilukada Papua

Jayapura, WendaWatory.Wordpress.com : Suasana menjelang Pemilukada Gubernur Papua yang dijadwalkan berlangsung pada 26 September mendatang kian menghangat dengan munculnya pasangan calon independen. Pasangan independen itu adalah Drs Wellington Loord Wenda MSi dan Ir Weynand Watori. Calon Gubernur Wenda saat ini menjabat Bupati Pegunungan Bintang untuk periode kedua. Sedangkan Watori, calon wakilnya, adalah Wakil Ketua Komisi A DPRD Papua.

Dengan klaim mendapat dukungan 240 ribu suara dari 17 kabupaten dan kota di Papua, pasangan Wenda-Watori mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Papua pada Jumat 29 April lalu. Iring-iringan sekitar 300-an masyarakat kawasan Pegunungan Tengah Papua dan warga Papua lain mengantar pasangan ini mendaftar ke KPU.

Wenda sendiri mengaku menunggu dahulu keputusan Mahkamah Konstitusi, yakni jika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua dipilih oleh DPR-Papua, maka dirinya tidak akan maju. Akan tetapi jika dipilih oleh rakyat, maka dirinya siap maju secagai calon independen. Ternyata MK memutuskan Pemilukada Papua tetap langsung, bukan dipilih oleh DPR Papua.

Selanjutnya Wenda berkomitmen bila proses pilgub ini berlangsung sesuai dengan yang diharapkan dan masyarakat Papua mempercayakan pasangan ini sebagai gubernur dan wakil gubernur, maka yang paling pokok dilakukan adalah menggelar ibadah-ibadah pertobatan bagi orang Papua secara total.

“Maksud dari ibadah pemulihan ini agar orang Papua diberi pertobatan. Papua kini kondisinya sakit, karena masih banyak praktik korupsi dan sebagainya, banyak orang yang tidak serius mengurus rakyat, dengan demikian yang paling mendasar perlu dilakukan perubahan secara rohani, yakni Papua dipulihkan,” ujarnya di hadapan warga yang hadir dalam deklarasi di Kotaraja.

Dalam kesempatan itu Welington Wenda menegaskan tiga hal yang perlu diangkat membawa kemajuan Papua ke depan. Pertama, melakukan kebangunan rohani dengan adanya ibadah-ibadah pemulihan Papua dan membuat banyak pertobatan. Alasannya modal yang paling kuat untuk membangun Papua adalah membangun dengan iman dan takut akan Tuhan serta selalu berpikir positif..

“Tidak hanya itu konsep pembangunan Papua ke depan selalu mengandalkan sumber daya lokal, sehingga potensi sumber daya alam yang kaya ini kita perlu kelola dengan baik dan dioptimalkan,” tuturnya.

Ketika ditanya terkait pencalonan dan jalannya pemerintahan di Kabupaten Pegunungan Bintang, dirinya menjawab bahwa sudah melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan memberikan apresiasi, karena berbagai kemajuan yang telah dilakukan sejak menjadi caretaker bupati hingga bupati Pegunungan Bintang saat ini. “Kemendagri menilai banyak prestasi terukur, termasuk adanya laporan keungan daerah yang selalu Wajar Tanpa Pengecualian, ini membuktikan bahwa kita di Papua mampu dan orang dari Jawa dan Sumatera belajar dari kita,” katanya.

Ia menambahkan, untuk masalah keuangan sendiri ditargetkan pada 2012 bisa mencapai target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).”Namun dari semua ini, tekad dan komitmen adalah melakukan perubahan mendasar danmemperbaiki moral Papua lebih maju,” tandasnya.

Ketua Tim Sukses Welington Wenda-Weynand Watori, Alfius Murib mengatakan pihaknya optimistik lolos verifikasi kelengkapan dokumen dan dukungan dari masyarakat Papua, sebab dukungan tersebut melebihi jumlah yang disyarakatkan yakni lebih dari 140 ribu dukungan suara di 15 kabupaten atau kota di Papua. “Jika Papua ini ingin berubah menjadi lebih bagus, maka kita harus serahkan kepada Wellington. Dimana Wellington tidak memilih partai, dia mau memilih supaya dianggap oleh rakyat,” ungkapnya.

KPU Papua membuka pendaftaran pasangan calon Gubernur Papua dari jalur independen antara 26-29 April. Ketua KPU Provinsi Papua, Benny Sweny, SSos kepada wartawan mengatakan, pasangan calon Gubernur Welingtong Loord Wenda-Ir. Weynand Watory merupakan bakal calon perseorangan yang pertama mendaftarkan diri.

“Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran bagi bakal calon perseorangan yang ingin mendaftar. Sampai saat ini baru Wellington yang mendaftar,” kata Benny, Jumat, 29 April.

Menurutnya, untuk pasangan cakal calon dari partai politik, pendaftarannya akan dibuka pada 13-20 Juni 2011. Dimana pada saat itu setiap pasangan bakal calon baik dari perseorangan maupun partai kembali mendaftar ke KPU. “Kalau pasangan calon perseorangan kita verifikasi, jika memenuhi syarat, rekapitulasi itu menjadi syarat untuk kembali mendaftar pada 13 Juni 2011,” jelasnya.***(Sumber : IndoGetNet)

Pos ini dipublikasikan di WendaWatory di Media dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s