Menteri dari Parpol Rawan Korupsi; Bagaimana dengan Presiden yang Masih Pengurus Parpol?

Jakarta, WendaWatory.Wordpress.Com :  Wacana bagi pejabat publik seperti menteri untuk meninggalkan ranah politik mengemuka beberapa waktu belakangan direspons KPK. Menurut pejabat KPK, menteri dari partai politik rawan melakukan penyalahgunaan wewenang. “Menteri yang berasal dari partai politik itu sangat berpotensi melakukan abuse of power,” ujar Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di Jakarta, Jumat (30/8/2012).

Busyro menyatakan itu, berdasarkan pengalamannya dalam melakukan upaya penindakan ataupun pencegahan korupsi, khususnya di Kementerian. “Ya lihat saja kasus-kasus korupsi yang kita tangani di kementerian, itu ‘kan tampak dari mana saja,” ujar mantan Ketua Komisi Yudisial ini.

KPK memang menyidik perkara korupsi di sejumlah kementerian yang dipimpin oleh seorang menteri dari parpol, bukan kalangan profesional. Perkara tersebut antara lain, kasus Hambalang dan Wisma Atlet di Kemenpora, kasus pembangunan PLTS dan proyek PPID di Kemenakertrans, serta pengadaan Al-Quran di Kementerian Agama.

Menurut Busyro, menteri yang berasal dari Parpol sangat mungkin untuk melakukan abuse of power karena latar belakang politik yang dibawanya.

“Ya mereka akan cenderung mementingkan kepentingan politiknya,” tukasnya.***

Sumber : IndoWatch, 01 September 2012

Pos ini dipublikasikan di Hukum dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s