Empat Balon Gubernur Papua tidak Lolos Verifikasi KPU

https://wendawatory.files.wordpress.com/2012/11/bsweny.jpgJayapura, WendaWatory.Wordpress.Com : Bakal calon gubernur Papua yakni Bas Suebu, Alek Hesegem, Jhon Karubaba, dan Yan Yembise dinyatakan tidak lolos verifikasi oleh KPU Papua.

Ketua KPUD Papua Benny Suweni, Rabu (28/11), mengatakan eempat balon gubernur dan wakil gubernur itu dinyatakan tidak lolos verifikasi karena kurangnya dukungan baik partai politik, kursi, maupun suara.

Dikatakan, pasangan Alek Hesegem-Marthen Kayoi yang saat mendaftar menyatakan didukung 16 partai dengan 396.165 suara atau 21,86% ternyata setelah dilakukan verifikasi hanya 11 partai yang sah mendukung dengan 251.914 suara atau 13,9%.

Pasangan Bas Suebu-Jhon Tabo yang saat mendaftar didukung delapan partai dengan 18 kursi atau 32,13% setelah diverifikasi hanya didukung enam partai dengan empat kursi atau 7,14% dan pasangan Yan Pieter Yembise-Hemskercke Bonay saat mendaftar didukung lima partai dengan sembilan kursi atau 16.07% namun setelah diverifikasi hanya satu partai dengan satu kursi atau 1,78%.

Sedangkan dua balon lainnya berasal dari perseorangan yang tidak lolos verifikasi yakni pasangan Jhon Karubaba-Willy Magay saat mendaftar di DPRP Papua menyatakan didukung 1.804 suara dari tiga kabupaten dan kota sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Benny Suweni menyebut, pemberitahuan kepada para balon yang lolos maupun tidak itu sudah dilakukan sejak Senin (26/11) dan mulai Selasa (27/11) hingga 3 Desember, KPUD Papua memerikan kesempatan kepada para balon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk melakukan perbaikan dan melengkapi persyaratan.

“Bahkan dalam masa itu para balon diperbolehkan untuk mengganti pasangannya,” jelas Benny.

Ditambahkan, lima pasangan lainnya yang terdiri dari tiga pasangan yang berasal dari dukungan partai politik yaitu Lukas Enembe-Klemen Tinal, Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya, dan MR Kambu-Blasius Pakage dinyatakan lolos verifikasi.

Begitu juga dengan dua pasangan balon dari perorangan yakni Welington Wenda-Waynand Watori dan Noack Nawipa-Jhon Wob. (Ant/OL-11)

Sumber : Media Indonesia Online, Rabu, 28 November 2012

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Empat Balon Gubernur Papua tidak Lolos Verifikasi KPU

  1. Ping balik: Empat Balon Gubernur Papua tidak Lolos Verifikasi KPU « The Boven Digoel Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s