KPU Ogah Disalahkan Pilgub Papua Marak Dukungan Ganda

logo-kpuJayapura, WendaWatory.Wordpress.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menolak protes beberapa pengurus partai politik (parpol) terkait dukungan ganda dari parpol terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua.

“Kami di KPU hanya memverifikasi, jangan mendramatisasi seolah KPU yang menentukan pilihan partai. Silakan lihat sendiri, siapa yang salah kalau satu pertai bisa mendukung hingga tiga bakal calon gubernur,” kata Ketua KPU Papua Benny Sweny saat bertemu para pimpinan partai koalisi yang datang menyerahkan bukti dukungan mereka di Jayapura, Senin (3/12).

Menurut Benny, pihaknya hanya berusaha melakukan verifikasi sesuai aturan yang berlaku dengan menanyakan langsung pada Kementerian Hukum dan HAM perihal kepengurusan yang sah dan berhak memberikan dukungan.

Sebelumnya Kenius Kogoya yang mengklaim sebagai Ketua Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) Papua menyatakan partai itu sudah mendukung pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal. Namun, dalam perkembangan partainya dipakai lagi unuk mendukung Barnabas Suebu-Jhon Tabo.

“Surat resmi PPRN dengan ketua umum Amelia Yani ditandatangani Menteri Hukum dan HAM saat dijabat Patrialis Akbar. Lalu tiba-tiba muncul surat baru lagi dengan nomor yang sama namun tanggal dan tahun berbeda muncul ditandatangani Menkum dan HAM Amir Syamsudin. Kami sudah bertemu dan pak Amir Syamsudin mengakui kesalahannya,” kata Kenius Kogoya.

Protes serupa pada KPU muncul dari Jimmy Mabel dan Elphius Hugi yang mengklaim diri ketua Barnas dan PKDI Papua soal dukungan pada pasangan bakal calon Gubernur Papua.

Sedikitnya ada 13 parpol yang terlibat dukungan ganda dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua. Parpol tersebut antara lain PAN, PDS, PBR, Barnas, PPRN, PKDI, Kedaulatan, PPPI, PNI-M, PIS, PMB, PPI, PPDI. Bahkan ada parpol yang mendukung hingga tiga bakal pasangan calon.***

Sumber : Liputan Indonesia, 04 Desember 2012

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s