Enam Pasangan Resmi Calon Kepala Daerah Papua

welingtonwJayapura, WendaWatory.Wordpress.Com : Enam dari Sembilan Pasangan Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua akhirnya resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui pleno verifikasi sebagai calon Kepala Daerah (Kada) Papua. Ke enam Calon ini yang akan bertarung dalam Pemilukada provinsi paling timur itu.

Ketua KPU Papua Benny Sweny yang ditemui usai memimpin pleno penetapan pasangan calon Kada Papua, Kamis (13/12) malam yang dijaga ratusan aparat gabungan TNI/Polri mengemukakan, enam pasangan calon kada Papua yakni Empat dari jalur partai masing-masing Lukas Enembe-Klemen Tinal, Habel Suwae-Yop Kogoya, MR Kambu-Blasius Pakage, Alex Hesegem-Marthen Kayoi.

Sementara dari jalur independen ada dua pasangan calon yakni Wellington Wenda-Weynand Watori serta Noakh Nawipa dan Johanis Wob.

“Tiga pasangan lainnya yakni Barnabas Suebu-Jhon Tabo yang dari jalur partai politik tak lolos karena dukungan partai tak cukup 15 persen. Sedangkan dua pasangan lainnya dari jalur independen yakni Yan Yembise- Hemskercke Bonay dan Johanis Karubaba-Wilibrodus Magay tak lolos,” terang Benny Sweny.

Dia tambahkan, memang data hasil verifikasi sementara ketika dikeluarkan KPU medio November lalu, menunjukan pasangan Alex Hesegem-Marthen Kayoi tak memenuhi syarat dukungan partai. Hanya saja, lanjut Benny, ada data baru yang dimasukan dan dilakukan penelitian tahap dua sehingga pasangan ini memenuhi syarat.

“KPU sudah bekerja dengan maksimal. Kita harapkan semua bakal calon yang tak lolos sebagai caloh kada agar bisa legowo menerima hasil ini. Kalaupun nantinya ada yang tak puas, KPU pada intinya siap berhadapan dengan jalur hokum,” terang dia.

Lebih lanjut Benny Sweny kemukakan, dengan telah ditetapkannya pasangan calon Kada Papua itu, maka agenda selanjutnya yakni pada JUmat (14/12) besok pihaknya akan melakukan pleno pemutakhiran data daftar pemilih tetap dan pada 15 Desember dilanjutkan dengan penarikan nomor urut pasangan calon.***

Sumber : Harian Koran Papua

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s