Enam Pasangan Dinyatakan Lolos

bswenyJayapura, Wendawatory.Wordpress.Com : Enam pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dinyatakan lolos sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Keenam pasangan itu masing-masing Lukas Enembe-Klemen Tinal, Habel Melkias Suwae-Ev. Yop Kogoya, Manase Roberth Kambu-Adolf Pakage, Alex Hesegem-Marthen Kayoi sedangkan yang independen adalah Wellington Lod Wenda-Weynand Berthazar Watory dan Noak Nawipa-Johanes Wob.

Sedang pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tidak lolos masing-masing Barnabas Suebu-Jhon Tabo (didukung oleh partai politik), Yan Pieter Yambise-Heemskercke Bonay dan Jhon Janes Karubaba-Willy Bradus Magay (independen).

Demikian dikemukakan Ketua KPU Papua, Benny Suweni berdasarkan hasil pleno yang digelar lembaga penyelenggara pemilu itu di kantor KPU Papua semalam.

“Kami sudah melakukan pleno dan membahas tentang penelitian tahap pertama maupun tahap kedua dari berkas sembilan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, kita telah menetapkan ada enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang memenuhi syarat dan tiga pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang tidak memenuhi syarat,” kata Ketua KPU, Benny Suweni kepada wartawan malam kemarin.

Menurut Benny, keenam pasangan dimana empat diantaranya didukung partai politik lolos sebagai calon gubernur dan wakil gubernur karena memenuhi syarat 15 persen suara atau kursi. Sebaliknya tiga pasangan yang tidak lolos disebabkan tidak memenuhi syarat.

Disinggung sebelumnya pasangan bakal calon Alex Hesegem-Marthen Kayoi yang hanya memperoleh 13,9 persen dari dukungan partai politik. Benny mengatakan bahwa dari hasil verifikasi tahap kedua pihaknya mendapatkan data-data baru sehingga memenuhi syarat minimal 15 persen.

“Dari hasil verifikasi tahap kedua, kami mendapatkan data-data baru yang dilengkapi oleh bakal pasangan calon tersebut dan kami juga melakukan kros cek terhadap data baru tersebut, dan terbukti Partai Politik PPDI dan PIS dinyatakan sah sebagai pendukung dari bakal calon tersebut,” terang Benny.

Selanjutnya, setelah hasil pleno tersebut pihak KPU Papua akan langsung melakukan pleno penetapan Daftar Pemili Tetap (DPT) dan juga mempersiapkan penarikan undian nomor urut. “Besok (hari ini) kami akan lakukan pleno penetapan DPT untuk Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur dan pada tanggal 15 Desember 2012 kita akan melakukan pengundian nomor urut,” ujarnya.

Disinggung mengenai para bakal calon yang tidak lolos, Benny menjelaskan bahwa ketiga bakal calon tersebut tidak memenuhi syarat minimal 15 persen. “Apa yang kami lakukan sudah maksimal sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan apabila ada pihak yang kurang puas dengan hasil ini ada jalur hukum dan kami dengan senang hati akan menerima dan menjelaskan tentang proses yang telah kami lakukan,” tegasnya.

Sumber : Papua Pos, 14 Desember 2012

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s