Pasangan Bas-John Minta Pemilukada Ditunda

amadubunJayapura, WendaWatory.Wordpress.Com : Pasangan Barnabas Suebu dan John Tabo resmi mendaftar ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha [PTUN] Jayapura, terkait gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum [KPU] Provinsi Papua, Senin (17/12) kemarin.

Pendaftaran gugatan tersebut dilakukan langsung Ketua Koalisi Papua Baru, Amir Mahmud Madubun ke PTUN terkait hasil verifi­kasi yang dikeluarkan KPU yang menya­takan pasangan Bas-John tidak lolos karena dukungan partai politik kurang dari 15 persen.

Ketua Koalisi Papua Baru jilid II, Amir Mahmud Madubun menjelaskan, dengan adanya pendaftaran gugatan tersebut ma­ka pihaknya meminta agar tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dihentikan, sesuai dengan isi gugatan yang disampaikan ke PTUN Jayapura.

“Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua bakal tertunda sebagaimana yang telah dijadwalkan pada 29 Januari 2013 mendatang. Kami harap PTUN untuk menghentikan pro­ses pelaksanaan Pemilu­kada dan meminta maaf kepa­da masyarakat Papua karena terpaksa Pilkada akan tertunda,” tegasnya ketika ditemui wartawan usai menyampaikan gugatan, kemarin.

“Kami menggunggat KPU ini untuk meminta keadilan, kebenaran dan menjujung tinggi konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Gugatan kami menghentikan seluruh proses pelaksanaan Pemilukada,” tambahnya.

Amir mengungkapkan, keputusan KPU Papua de­ngan nomor 466/P/SET-KPU/XII/2012 tertanggal 13 Desember 2012 memutuskan pasangan Bas-John tidak lolos dalam verifikasi karena tidak mencapai 15 persen dukungan partai.

Padahal, dalam catatan pasangan Bas-John, mereka didukung oleh Partai PBR, Partai Kedaulatan, PPRN, PPPI, PAN dan PNI- Marhaenisme yang telah memiliki lebih dari 15 persen.

Namun, berdasarkan ha­sil yang diperoleh KPU Pro­vinsi Papua ternyata pasangan Gubernur incumbent ini dinyatakan tidak lolos, sehingga mereka selaku Koali­si tidak terima.

“Kami terpaksa meminta proses pemilukada harus dihentikan sebelum proses gugatan diputusan oleh PTUN Jayapuram,” terangnya.

Sebelumnya, menurut Ketua KPU Papua, Benny Sweny, S.Sos menegaskan akan tetap menjalankan tahapan Pilgub Papua apalagi bagi enam pasangan calon yang lolos telah menarik nomor undian.

“Kami tak gentar menghadapi gugatan dari mana pun. Yang pasti, tahapan Pilgub akan tetap berjalan sesuai jadwal,” kata Benny.

Sumber : Papua Pos, 19 Desember 2012

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pasangan Bas-John Minta Pemilukada Ditunda

  1. wanda berkata:

    kami seluruh lapisan masyrkat papua kecewa dgn keputusan KPU, yg mana telah merugikan masyarakat dan memperpanjang kisah pemilukada yg alot dan melelahkan. dari segi finansial kpu jg harus di periksa karena merugikan uang negara, menjaln kebijakkn yg melanggar uud dan konstitusi adalah tindakan korupsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s