KPU Papua Tetapkan DPT Pilgub 2,7 Juta Jiwa

bswenyJayapura, WendaWatory.Wordpress.Com : Komisi Pemilihan Umum [KPU] Papua menetapkan Daftar Pemilih Tetap [DPT] Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua sebanyak 2.705.775 jiwa, terdiri dari laki-laki 1.452.196 dan perempuan 1.253.579 yang tersebar di 6.961 TPS.

Komisi Pemilihan Umum Papua menetapkan DPT tersebut dalam rapat pleno terbuka yang diselenggarakan, Rabu [19/12] kemarin di ruang rapat kantor KPU Papua yang dihadiri Panwas Pilkada Papua, tim kampanye dari enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Ketua KPU Provinsi Papua, Benny Sweny, S.Sos kepada wartawan usai penetapan DPT mengaku, jumlah DPT pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua ini mengalami peningkatan dari Pilgub lima tahun lalu bahkan pemilihan legislasi maupun Pilpres.

“Jumlah pemilih untuk Pilgub meningkat cukup signitifikan jika dibandingkan pemilu Legislatif tahun 2009 maupun Pemilu Presiden mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Menurut Benny, peningkatan jumlah pemilih pada pemilihan Gubernur kali ini karena pada tahun 2009 lalu jumlah kabupaten/kota hanya berjumlah 21 kabupaten/kota, sementara saat ini jumlah kabupaten/kota sebanyak 29. Dimana, pada pemilu legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2009 jumlah pemilih hanya sekitar 1,2 juta lebih pemilih.

“Dengan demikian, jumlah pemilih yang dapat menyalurkan hak suaranya pada pemilihan Gubernur nanti adalah masyarakat yang terdaftar dalam DPT yang ditetapkan dalam DPT ini,” terangnya.

Dikatakan pula, pemilih yang terdaftar dalam DPT ini akan dibagikan KPPS C6 atau undangan dan kartu pemilih. Tiga hari sebelum waktu pemungutan suara atau tanggal 26 Januari 2012, KPPS sudah harus membagi kartu pemilih sesuai dengan daftar nama yang terdaftar di TPS bersangkutan.

Apabila pemilih yang tidak mendapatkan undangan dapat mengecek juga ke KPPS, sehingga apabila tidak mendapat undanga tetapi namanya terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

“Para pemilih yang tidak menggunakan haknya atau tidak terdaftar pada Pemilukada Kabupaten sudah diberikan kesempatan,” tandasnya.

Dengan demikian, apabila kesempatan tersebut sudah digunakan tentunya pada Pemilukada Gubernur nanti diperkirakan masyarakat tidak ada yang tidak menggunakan hak dalam memilih.

Selanjutnya, setelah penetepan DPT proses atau tahapan Pilugb Papua selanjutnya adalah tahap kampanye selama 14 hari. Tetapi sebelumnya dengan adanya penetapan DPT akan menjadi sumber informasi dan juga penarikan nomor urut untuk pencetakan logistik surat suara yang sementara dicetak saat ini.

Disinggung mengenai adanya gugatan Barnabas Suebu di PTUN, menurut Benny, gugatan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap tahapan yang telah berjalan.

“Sudah menjadi kesepakatan kita bahwa proses gugatan Barnabas Suebu jalan, proses tahapan Pilgub tetap berjalan,” tambahnya.***

Sumber : Papua Pos, 20 Desember 2012

Pos ini dipublikasikan di Berita Pilgub Papua dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s